Cara Berpuasa Yang Baik Dan Benar Dalam Ajaran Islam


Cara Berpuasa Yang Baik Dan Benar Dalam Ajaran Islam - Bagaimanakah cara berpuasa yang baik dan benar Dalam Ajaran Islam? Dalam hal ini ada berapa tips bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, antara lain :

1. Anda harus memiliki niat yang ikhlas. Dengan memiliki niat yang iklas, maka anda akan mendapatkan pahala dan juga menjaga konsistensi anda dalam berpuasa. Jika anda tidak memiliki niat yang iklas, maka jangan harap anda akan mendapatkan pahala.

2. Minum air setelah adzan magrib. Anda tidak boleh mengabaikan hal ini, karena hal ini sangat penting bagi tubuh. Minum airt tidak harus selalu air putih, tapi bisa juga minum teh, susu, jus buah, koktail buah, atau juga kuah sayur.

3. Memenuhi kebutuhan kalori. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Kalori berguna untuk menghasilkan tenaga. Kalori yang dibutuhkan wanita sebanyak 1900 kalori, sedangkan bagi pria sebanyak 2100 kalori.. Hal ini dapat anda penuhi pada saat berbuka puasa dan sajur. Oleh karena pilih makanan yang banyak mengandung sumber kalori

4. Melakukan makan secara bertahap. Anda tidak boleh langsung mengumbar nafsu makan pada saat berbuka, setelah berpuasa seharian. Tapi makanlah secara bertahap. Misalnya mulai dengan makanan ringan atau minuman yang manis-manis seperti kolak pisang, kurma atau teh manis. Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang akan mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah. Setelah salat magrib, makan makanan pelengkap yang terdiri dari nasi atau pengganti nasi, protein dari ayam, ikan, atau daging, tahu atau tempe , serat dari sayuran, dan buah. Setelah salat tarawih, Anda dapat makan camilan berupa roti atau buah. Pembagian makan bisa Anda lakukan seperti ini: 50 persen untuk berbuka, 10 persen setelah salat tarawih, dan 40 persen waktu sahur.

5. Anda harus rajin sahur. Dalam hal ini anda harus mengupayakan porsi sahur tidak sama dengan porsi makan saat berbuka puasa. Tapi konsumsilah makanan yang berprotein tinggi. Pencernaan dan penyerapan makanan juga menjadi lebih lama dibandingkan dengan makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Setelah sahur, tambahkan susu tanpa lemak dan suplemen multivitamin agar stamina tetap terjaga.

6. Anda harus rajin berolahraga. Untuk tetap menjaga stamina, maka anda harus rajin berolah. Tubuah akan lesu jika tidak berolahraga. Waktu berolahraga yang baik adalah menjelang berbuka puasa.

7. Usaha tidur siang. Tidur siang akan mengurangi rangsangan lapar yang berasal dari perut. Dan juga mengurangi cairan dalam tubuh karena tidak terkena sengatan matahari.

Semoga Puasanya Sah Dan Diterima Oleh ALLAH S.W.T
Aaaamiiiin.......!!!

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Jangan Lupa Untuk Berkomentar Setelah Mencoba Trik And Tips Dari Saya. BerkomentarLAH Dengan Kata-Kata Yang Sopan

Copyright © TrikTipsTutorial-3T - Blogger Theme by BloggerThemes